Rabu, 02 Juli 2014

Mengubah Gambar Tangan Menjadi LineArt



Entah sudah berapa banyak orang-orang yang menanyakan ini padaku "Mewarnai gambar tangan dengan komputer gimana, Kakak?" Dan jawabanku selalu sama "ya di masukin aja ke komputer, terus di warnain. Google pintar, aku males nulis sama ngejelasinnya." Mungkin karena yang bertanya seringnya menggunakan kata ganti "kakak" daripada "Mas". Makanya, aku sering sewot sendiri kalau ditanya dengan kata ganti itu. Mungkin jika dalam konteks pertemanan okelah Tapi kalau mau belajar dari aku dan memanggil aku dengan sebutan kakak, maaf saja. Tidak bisa!
Nah, kali ini, aku akan menjelaskan bagaimana mengubah gambar hasil scanlasi menjadi gambar digital dan supaya bisa diwarnai dengan Photoshop. Untuk tutorial kali ini, aku gunakan gambar character hasil tanganku sendiri. Yang sekarang juga lagi jadi ava twitter, hihihihi. Oh, dan tentu saja aku kasih watermark ya. Agar kalian yang pada mau copas semua tutorial disini mau mencantumkan sumbernya.


Pertama, buka dulu adobe photoshopnya. Dan buka juga gambarnya di photoshop.


Nah, selanjutnya buat agar gambarmu berubah menjadi lebih terang dengan menggunakan level (ctrl + L).

Sekarang klik image > adjustment > Threshold dan atur hingga didapat hasil seperti berikut



Tekan OK dan kemudian pindah ke panel Layer. Sekarang, waktunya menghilangkan warna putih dari background dan hanya menyisakan lineart untuk kita warnai. Klik kanan pada layer background dan kemudian pilih Layer From Background.

Bisa dilihat layer background berubah menjadi Layer 0. Sekarang pindah ke tab Channels. Lalu tekan Load Channel As Selection. Maka warna putih akan terseleksi dengan sendirinya.

Jika sudah, tekan delete dan kemudian (ctrl + D) hingga hasilnya sebagai berikut

Selesai dan begitulah caranya. Sebenarnya jika tidak malas, lineart ini bisa disempurnakan kembali dengan cara mengapus bagian-bagian yang tidak diinginkan. Namun karena aku sedang buru-buru ingin beli es buah untuk buka puasa, ya sudah sampai sini saja. Ciao!

1 komentar:

  1. Waaaahhhh pengetahuan baru buat saya nih ............ makasih ya gan infonya .......

    BalasHapus