Jumat, 21 Maret 2014

Mengubah Warna Kulit Chapter 2



Jika kemarin kita sudah membahas soal mengubah warna kulit menggunakan clipping mask, sekarang mari kita bahas cara yang lebih mudah dalam mengubah warna kulit manusia. Masih menggunakan photoshop *tutorial illustratornya masih belum pengen dibuat, masih nunggu ibunya yang mau *opo sih.
Pertama, kita buka fotonya di program kecintaan. Adobe Photoshop. Punyaku sih masih jadul, CS4. Tapi sama saja sih. Mau pake versi berapa aja bisa kok. Kali ini, aku menggunakan foto teman kuliah dulu, waktu bolos PKL. Yang harusnya PKL malah wisata ke dieng plateau *ah, curcol neh to?!



*sori men, fotomu tak nggo nggawe tutorial, hahaha* Lalu, seleksi bagian kulit yang ingin diubah warnanya. Contohnya seperti berikut ini.


Terserah kalian mau seleksi pakai apa. Kalau aku menggunakan magic wand tool. Dan usahakan agar area mata tidak ikut terseleksi. Karena kita hanya akan mengubah warna kulit, bukan warna mata, men. Lalu duplikat hasil seleksi tadi dengan cara klik kanan pada area seleksi lalu pilih 'layer via copy' atau cukup tekan ctrl+J untuk windows dan 'cmd+J' untuk macintosh.

Jika sudah, gunakan menu 'image > adjustment > hue/saturation atau cukup menekan ctrl + U untuk memunculkan windows hue/saturation seperti berikut.

Dengan menggeser slide pada setiap kolom, carilah warna yang kalian inginkan untuk kulit yang akan diubah warnanya. Berikut ini adalah hasil hue/saturation yang saya gunakan.

Usahakan agar perpaduan antara bagian yang diubah warnanya dengan bagian foto menyatu secara alami. Tidak terlalu mencolok dalam perubahan. Jika sudah, klik OK lalu kemudian gabungkan semua layer dan kemudian save. Taraaaa…selesai. Mudah bukan?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar