Senin, 30 Desember 2013

Mengubah Foto Menjadi Puzzle


Banyak banget cara-cara memanipulasi foto agar terlihat unik. Nah, tutorial kali ini akan menjelaskan salah satu cara memanipulasi foto agar terlihat unik dengan cara menggunakan pattern puzzle. Pernah liat kan, puzzle yang biasa dimainin waktu masih anak-anak dulu? Sebelumnya, download dulu patternnya di sini.
Pertama, buka foto yang akan kita manipulasi di Adobe Photoshop. Kali ini saya menggunakan foto teman sekolah dulu. *sori whe, raimu tak sebar ning blog, hahaha.


Duplikat layer background.

Lalu pada menu bar, pilih layer > new fill layer > pattern.

Klik OK dan akan keluar pattern fill windows seperti ini.

Load pattern yang sudah didownload tadi. Caranya buka pattern picker, kemudian pattern menu dan pilih load pattern. Atau bisa juga pattern yang sudah didownload tadi diletakkan di folder C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS4\Presets\Patterns sehingga muncul di menu pattern.

Kalau sudah, ubah nilai scale menjadi 30% dan kemudian klik OK. Alhasil jadinya kayak gini nih.

Sekarang pindah highlight ke layer background. Kemudian pastikan warna background adalah putih. Caranya, tekan huruf D agar warna background dan foreground menjadi hitam putih. Lalu tekan ctrl+Del untuk membuat seluruh background menjadi putih.

Sekarang, gabungkan layer pattern dengan layer 1. Caranya pindah highlight ke layer pattern fill 1 kemudian tekan ctrl + E pada keyboard atau klik kanan pada layer pattern kemudian pilih merge down.

Hilangkan beberapa bagian dari puzzle foto untuk mendapatkan efek yang lebih menarik. Caranya, seleksi lebih dulu beberapa bagian dengan menggunakan pen tool atau tool-tool seleksi lainnya.

Lalu tekan delete pada keyboard sehingga bagian yang kita seleksi sebelumnya hilang.

Sekarang, jika hanya menghilangkan beberapa bagian saja, efek foto masih kurang menarik. Buat beberapa puzzle terlihat keluar dari susunannya. Seleksi potongan puzzle yang diinginkan untuk di pisah.

Lalu, dengan menggunakan move tool, geser bagian yang sudah diseleksi tadi hingga keluar dari susunannya.

Jangan keburu deselect lebih dulu. Tekan ctrl + T di keyboard untuk mengatur posisi puzzlenya.


Ulangi tiga langkah terakhir barusan hingga mendapatkan jumlah potongan puzzle yang diinginkan.


Kalau sekiranya sudah selesai, klik kanan pada salah satu layer kemudian klik flatten image. Dan beginilah hasil akhirnya.

Apa yang saya terangkan di sini adalah sebuah tutorial singkat dan cara paling cepat. Belum seluruhnya selesai jika dicermati kembali. Contohnya, bisa saja pada bagian potongan yang dipisah dari susunan puzzle itu kalian beri efek bayangan sehingga terlihat lebih real. Intinya, jangan hanya terpaku pada tutorial saja, tapi gunakan kreativitas dan imajinasi. Tak ada salahnya berimajinasi, jangan takut dibilang anak kecil. ingat, “creative people is a child who survive”.
Sudah ya, dadah *melambaikan tangan*
Oh ya, jangan lupa untuk mengikuti tutorial lainnya lewat media sosial di :
purwarupa manusia

2 komentar: