Senin, 23 Desember 2013

Mengubah Warna Kulit : Tutorial Menggunakan Clipping Mask Photoshop

Pernah liat foto orang yang kulitnya tidak terlihat natural? Mungkin kalian bertanya-tanya, kok bisa sih warna kulitnya berubah gitu? Sebenarnya untuk mengubah warna kulit ini cukuplah mudah. Yang dibutuhkan hanya Adobe Photoshop dan foto yang akan diubah. Ada pula berbagai cara mengganti warna kulit, dan salah satunya yang akan dibahas dalam tutorial kali ini adalah menggunakan clipping mask.
Pertama siapkan fotomu terlebih dulu. Di sini saya menggunakan foto Robert Dawney Jr. sebagai objeknya.
Lalu buka di Adobe Photoshop.


Kalau sudah, duplikat layer background dengan cara menekan ctrl + J atau klik kanan pada layer background dan kemudian pilih duplicate layer.

Lalu seleksi lebih dahulu bagian foto yang terdapat warna kulit manusianya. Biasanya sih warna kulit manusia ini disebut skintone. Terserah kalian mau pake tool apa untuk seleksi. Kalau saya sih pakenya pen tool, biar lebih precise aja.


 


Kalau mau tahu bagaimana seleksi menggunakan pen tool, silakan baca cara menggunakan pen tool.
Selanjutnya adalah melakukan duplikat pada objek yang diseleksi. Tekan ctrl+J pada keyboard atau menggunakan tool seleksi dan klik kanan pada objek lalu pilih layer via copy.


Kalau sudah, buat layer kosong di atas hasil duplikasi sebelumnya. Beri nama ‘warna kulit baru’.

Tekan shift + F5 untuk mengisi layer dengan warna. Akan muncul jendela seperti berikut ini.

Ganti white dengan color dan buat warna sesuai dengan keinginan kalian. Jika sudah, klik OK. Maka seluruh foto akan berubah menjadi warna yang kita buat tadi.

Klik kanan pada layer ‘warna kulit baru’ dan kemudian pilih ‘create clipping mask’.

Dan taraa. Belum selesai, tapi layer yang kita beri warna tadi sudah membentuk wajahnya si Robert.

Sekarang ganti blending mode dari normal menjadi color dan opacity menjadi 68%.

Note : silakan bermain dengan blending mode dan nilai opacity. Sesuaikan dengan foto yang digunakan sehingga didapat hasil seperti yang diinginkan.
Rapikan beberapa bagian yang belum rapi hingga didapat hasil yang diinginkan. Agar foto terlihat lebih manusiawi.


Nah, begitulah cara mengubah warna kulit manusia menggunakan clipping mask. Ini adalah tutorial cepat (nulisnya) jadi tanyakan langsung saja pada orangnya jika kurang paham di twitter atau facebook. Sudah ya, aku tak berangkat kerja bakti dulu. *macak kuli*

2 komentar: