Senin, 30 Desember 2013

Membuat Logo Emblem Menggunakan Photoshop



Banyak aplikasi desain grafis yang berguna untuk membuat logo. Salah satunya adalah photoshop. Meski tidak wajib dan bukan aplikasi utama yang sering digunakan, namun Photoshop juga bisa digunakan untuk membuat logo. Tutorial kali ini akan menjelaskan mengenai cara pembuatan logo menggunakan Photoshop.
Pertama buka photoshop dan buat sebuah dokumen baru berdimensi 1200x1200 pixel.


Lalu, dengan menggunakan rectangular shape tool, buat sebuah lingkaran dan letakkan tepat di tengah. Untuk membuat lingkaran yang benar-benar bulat, tekan tombol shift saat membentuk lingkaran.

Buat lagi sebuah lingkaran menggunakan rectangular shape tool sambil menekan shift sehingga didapat dua path berbentuk lingkaran dalam satu shape layer seperti berikut.

Dengan menggunakan path selection tool, atur agar kedua lingkaran berada tepat ditengah dengan menggunakan “align horizontal centers” dan “align vertical centers”.

Lalu gunakan “exclude overlapping shape areas” untuk membuat lubang di tengah sehingga dihasilkan sebuah garis besar berbentuk lingkaran. Lalu klik combine.

Selanjutnya, buat sebuah lingkaran dengan rectangular shape layer sekali lagi. Namun kali ini berbeda layer.

Duplikat layer shape 2. Kemudian dengan menggunakan rectangle tool, buat sebuah persegi panjang seperti berikut di layer shape 2 copy.

Sekarang gunakan opsi “intersect shape areas” lalu combine dan ganti warna shape-nya dengan warna putih.

Gunakan pen tool untuk membuat text di dalam path layer shape 2 copy agar text tetap pada bentuk shape yang ada. Caranya, saat memilih pen tool, klik tepat di tepian path shape 2 copy hingga muncul garis-garis samar pada cursor.

Ketikkan text yang diinginkan.

Sekarang dengan menggunakan path selection tool, tarik titik tengah path pada bagian bawah tepat ke tengah-tengah. Tunggu hingga ada tanda panah pada cursor.

Tarik ke tengah-tengah hingga text berada di bagian dalam kotak dan menghasilkan tiga titik yang berfungsi untuk mengatur posisi text (dilingkari merah).

Selanjutnya, keluarkan character window untuk mengatur text. Ubah ukuran font menjadi lebih besar dan berikan nilai baseline agar posisi text lebih ke tengah.

Selanjutnya, atur ketiga titik tadi hingga didapat posisi text sebagai berikut.

Atur kembali besar kecilnya font dan letak font dengan memainkan nilai pada baseline, spacing dan ukuran font. Sehingga seluruh font berada pada shape.

Jika sudah, ubah warna text menjadi hitam agar sesuai dengan warna-warna lainnya. Atau mau improvisasi sendiri dengan menggunakan layer style juga boleh-boleh saja.

Sekarang pindah ke layer shape 2 dan tambahkan beberapa text tentang keterangan perusahaan yang dilambangkan oleh logo. Cara kerjanya sama saja dengan yang sebelumnya. Tambahkan text ke dalam path dengan menggunakan text tool.

Selanjutnya, untuk mempercantik logo, kita akan menambahkan pita atau ribbon. Caranya buat sebuah persegi bulat seperti berikut. Buat sebuah persegi rectangle lebih dulu.

Sekarang buat ujung pita dengan menggunakan rectangle tool atau pen tool.

Warp persegi yang sudah kita buat lebih dulu. Caranya tekan ctrl + T kemudian klik kanan dan tekan warp atau ikuti instruksi gambar berikut.

Transform juga ujung pita menjadi miring dan duplikat lalu satukan dengan badan pitanya.

Nah, sebenarnya masih banyak yang perlu dibahas. Namun sampai di sini pun sudah bisa selesai. Tutorial ini memang tidak saya jelaskan sampai akhir, agar kalian para pembaca dapat menyusun sendiri gambaran di kepala masing-masing untuk menyelesaikan logo. Nih, file PSD nya kalau mau lanjutin punyaku. Selain itu, aku juga sudah ditunggu orang sedesa buat milih lurah yang baru. Udah ya, daaaaahhh. *dadah-dadah ning beranda*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar